Posts from the ‘daily’ Category

Mulai belajar bahasa banjar

Pindah ke daerah baru, dengan budaya yang baru, bahasa yang baru, logat yang baru emang banyak yang harus di pelajari. Mulai dari karakteristik orangnya, kebiasaan2nya, makanan khasnya sampai ke bahasanya. Nahhhh yang pertama kali harus aku kuasai saat aku pindah ke Banjar ini adalah bahasa Banjar. Sebenarnya aku sudah tidak terlalu asing dengan bahasa urang Borneo ini, tapi hanya sepintas-sepintas saja, tidak yang setiap hari mendengarkan seperti sekarang.

Sebenarnya kalo mau di banding2kan dengan bahasa jawa, ada beberapa kata-kata yang mirip dengan bahasa Jawa. Nahhh… Kadang2 teman2ku menertawakan aku saat aku salah dalam mengucapkan bahasa Banjar. Terkadang kata2nya sudah benar bahasa banjar, tapi medok jawaku tidak bisa dihilangkan… huffff susah juga ternyata. Sering juga kata-kata yang aku gunakan tidak tepat dan jadi bahan ketawaan lagi deh…

Kalau aku pikir2, paling enak belajarnya sama anak ibu kostku. Dia masih kecil, dan pastinya dia tidak bakalan ngetawain aku kalo aku salah ngomong dan akupun tetep PD nyoba bicara pake bahasa banjar karena lawan bicaraku masih kecil. hiiihihihi, ternyata lumayan berhasil. Logatku pun aku buat semirip mungkin dengan org banjar di hadapan anak ibu kostku. Cuman dia yang gak komplain saat aku salah omong.

Kadang juga aku belajar dengan chattingan sama temen2 banjar dan langsung pake bahasa banjar yang gampang2 dl, baru setelah dia nyerocos yang aneh2 langsung aku cut dan bilang kalo aku masih belum paham. Terbukti, vocab bahasa banjarku meningkat tajam. Dan satu lagi cara paling ampuh untuk belajar, sering2 mendengarkan orang ngobrol pake bahasa banjar. Jadi kita bisa tahu logatnya, penggunaannya dll.

Sebenarnya ini bisa juga digunakan untuk belajar bahasa apapun di dunia ini. Yang terpenting memang langsung terjun ke lapangan dan mempraktekkannya secara langsung. Tidak perlu les mahal2 sebenernya, percuma juga kalau les mahal2 tapi tidak pernah di praktekkan secara langsung…

owkayyyy…. doakan ulun cepat bisa bahasa banjar lah wan kada di tertawakan lagi kolo ulun salah… hihihiih

Entah apa lagi yang bisa aku tulis

menulis lagi setelah beberapa bulan vakum, membuat jemari dan pikiranku agak kaku. Kenapa setelah bukuku terbit, seolah aku malah tidak produktif lagi dalam menulis. Aaahhhhh… padahal aku ingin terus menulis apapun keadaanku. Banyak hal yang terjadi saat aku vakum dalam menulis.

Dulu aq menulis saat perasaan sedang bergejolak atau saat pikiran sedang butuh untuk di tumpahkan. Setelah menumpahkan isi pikiran, rasanya legaaaaa banget. Apalagi kalau tulisan itu mampu membuat orang menjadi lebih baik. Bahkan sempat juga mendapat teman baik dari sesama blogger. Saling bertukar pikiran dan berbagi informasi. Blog ini menjadi saksi disaat aku sedih, senang, bangga, marah, sakit hati, patah hati. Lewat tulisan yang terkadang tersirat, bukan tersurat, semua terungkap dalam blog ini.

Ingin sekali rasanya aku bisa terus mengupdate blog ini.

Ingin rasanya aku bisa menumpahkan pikiran dan perasaan yang berkecamuk dalam blog ini.

Ingin rasanya tulisan2 ini bisa dinikmati dan berguna untuk orang lain tentunya

Ingin rasanya aku tidak pernah merasa bosan untuk menulis

Tetapi semua kembali pada keadaan

H-4 launching buku “BERDAMAI DENGAN SKOLIOSIS”

cover depan FIX tuhhhhh banyak khn tag line nya....

Hhhhhmmmmppfff… akhirnya setelah melewati jalan berliku, 10 belokan, 8 tanjakan, 5 turunan…. buku yang udah lama mimpikan bisa terbit akhirnya akan terbit juga. Buku ini berjudul “BERDAMAI DENGAN SKOLIOSIS”, kumpulan 10 kisah inspiratif dan penuh warna penderita skolisois di seluruh Indonesia. Ada berbagai macam kisah yang mengharukan, romantic, sedih, senang dan lucu. Semua terangkum menjadi 1 buku yang menarik dna mudha dibaca oleh smeua kalangan. Kisah-kisah ini menceritakan bagaimana dirinya bisa terkena skoliosis, bagaimana reaksi penderita saat dirinya di diagnosis skoliosis, apa saja pengobatan yang dilakukan, serta semua aspek psikologis yang terjadi selama pergulatan dengan si skoli.  Buku ini bisa menjadikan panduan, informasi dan pemberi semangat hidup kembali pada skolioser2 yang ada bahwa skoliosis bukanlah aib yang harus di tutupi, diacuhkan dan disepelekan. Skoliosis ini harus diperhatikan dan ditindak lanjuti dengan penaganan yang tepat sehingga tidak menimbulkan efek yang parah dikemudian hari. Banyak yang awalnya mengacuhkan si skoli ini dan akhirnya datang ke dokter dengan kondisi derajat kebengkokan yang sudah demikian hebatnya. Maka dokter pun semakin kesulitan untuk menoperasi penderita tersebut. Maka dengan adanya buku ini, masyarakat awam yang belum mengetahui skoliosis dapat dengan dini mencegah anak-anak mereka karena skoliosis bisa terjadi pada siapa saja, istri, suami, anak dan bahkan anda2 sendiri. Semoga buku ini bisa bermanfaat buat masyarakat banyak dan dapat mencegah semakin banyak skolioser2 lainnya.

Buku ini akan di launching tanggal 2 Agustus 2009 di atrium city of tomorrow Surabaya Jl. Ahmad Yani 288 Surabaya pukul 10.30- selesai. Akan ada juga acara2 lainnya yaitu Launching masyarakat Skoliosis Indonesia Jatim

undnagan + cover

So buat yang concern terhadap skoliosis, ato bapak, ibu, istri, suami, anaknya mengalami skoliosis, silahkan datang di acara launching MSI JATIM dan launching buku “BERDAMAI DENGAN SKOLIOSIS”…. Aku tunggu kedatanga kalian yahh…

i’m afraid so much…

mungkin ada banyak ketakutan yang tiba2 muncul dalam diri kita. Sebagai manusia kita hanyalah makhluk yang lemah, tak berdaya. Sudah sepantasnya kita untuk takut kepada Sang Pencipta… sang Maha Kehidupan dan Maha segala kebaikan. Tapi entah kenapa beberapa hari ini i’m afraid so much pada hal2 yang abstrak. Pada hal2 yang mgk juga aku tidak tahu apa yang aku takutkan.  perasaan gelisah dan sangat ketakutan itu muncul tiba2 dan membuat tidur malamku selalu dipenuhi dengan mimpi2 yang membuat kepalaku pusing saat terbangun…

i'm afraid

i'm afraid

dilarangkah kita untuk takut???

Baca selengkapnya…

marriage

bukan…..bukan aku yang nikah……. heheheh masih belom kok

ni posting cuman sekedar mo mereport acara resepsi nikahan temenku. Suuuerrrrr ni kawinan gokil yang pernah aku datengin (mungkin banyak yang lebih gokil lagi kali yah diluar sana). Sayang aku dan temen2 datang agak terlambat jadi gak bisa liat pas mereka datang dan melihat prosesi awal nikahnya yang pake adat jawa. Yang seperti lempar2an apaan tuh ya aku lupa. Mungkin dalam kawinan kali ini juga memakai adat Banjarmasin, secara temenku berasal dari sana. Tapi aku gak begitu taw mereka pakai adat apa. Yang pasti baju mereka pakai adat jawa.

Begitu datang, seperti biasa kita langsung salaman dengan mempelai. Wahhhhhh begitu masuk ruangan, dalam hati aku berkata

wahhhhhh puspa manglingi banget…. sangat mriyayeni……

entahlah bahasa indonesianya apa mriyayeni itu tapi bener2 keliatan anggun saat dari jauh. (jadi pengennnnnnnn)

Setelah itu kita langsung makan. Pas enak2nya makan, ada panitia kawinan yang meminta rombongan kita untuk ngasih testimoni dalam video…. dasar kita yang banci kamera langsung pada semangat buat ngasih testimoni. Semua pada heboh sampe dilihatin orang2 yang lalu lalang (haduuuhhhh maluuuu)

disana ketemu banyak temen2 kuliah yang udah lama ga ketemu… wahhhhhh kangen abisss ma mereka semua. Setelah temu kangen (ceileee bahasanya temu kangennnnn), kita semua diminta foto bareng ma mempelai. So pasti anak2 pada semangat 45′. Rombongan siberat pada foto2 di koade. Nahhhh disini kehebohan terjadi. Sesi poto2 ga selesai2…. berbagai gaya dilakukan. padahal yang ikut poto ga cuma 2 ato 3 orang, tapi lebih dari 10 orang ikut naek di koadenya…. bisa dibayangkan betapa hebohnya suasana di atas pelaminan. Untung ajah tuh pelaminan gak ambruk wkwkwkwk….. Selesai poto2 kehebohan gak selesai. Anak2 pada ngerubingin si Puspa dan cabutin melati yang ada di sanggulnya… hwahahahahah…. si puspa ampe jerit2 teriak2 ga karuan karena melatinya pada rontok semua. Baru kali ini aku liat penganten dianiaya massal…. hahahahah….  Suaminya mungkin cuma bisa ngelus dada istrinya jejeritan begitu….

Sesi poto2 ga selesai diatas pelaminan ajah. Di bawah pelaminan, anak2 melanjutkan poto2 lagi… super hebohhhhh. Sampe2 mempelai cuma dijadikan backgroun poto qt2 hahahahahah (ni yang punya acara siapa sihhh….)

ni mana yang punya hajat sihhh... mempelainya kok yang jadi background hahahah....

ni mana yang punya hajat sihhh... mempelainya kok yang jadi background hahahah....

diantara mereka siapakah yang akan segera menyusullll????

diantara mereka siapakah yang akan segera menyusullll????

sekian reportase dari saya… heheh foto2 di atas pelaminan masih ada di kamera galuh…. belom ku copy…. nanti akan ditampilkan kalau sudah up date

selamat menempuh hidup baru ya pren…!!!

hari ini satu lagi sahabatku menikah… Dari beberapa temen deketku saat kuliah, sudah ada 3 orang yang mendahului menikah. Malah ada 1 yang barusan brojol alias ngelairin (wahhh dah jadi tante aku). Mereka sudah menemukan pendamping hidupnya, imam untuk hidup, penjaga yang insaallah sampai kakek nenek.

puspa, aku, mimit, dini, icha, mita

puspa, aku, mimit, dini, icha, mita

Jadi teringat jaman2 awal2 kul dulu yang masih pada jomblo2 dan masih hunting lelaki heheheh…. Jadi inget juga saat sama2 nangis curhat masalah laki masing2. Rasanya pengen senyum2 sendiri mengingat kenangan itu.

kiri- puspa yang maw nikah, tengah-aku, kanan- mita yang udah mbrojol heheheh

kiri- puspa yang maw nikah, tengah-aku, kanan- mita yang udah mbrojol heheheh

Baca selengkapnya…

perjuangan sampe akhir (part 2)

sekarang aku akan melanjutkan postinganku sebelumnya yaitu perjuangan sampe akhir (part 1) . Seperti yang udah di ceritakan sebelumnya di part 1, aku seminggu ada di jakarta untuk seleksi recruitment BROADCASTER DEVELOPMENT PROGRAM. tanggal 24 kemaren adalah tahap 3 seleksi tsb yaitu wawancara dengan HRD dan User transcorp. hhmmmmm menunggu sangat lamaa…. mulai dari jam 10 pagi dan baru di wawancara jam setengah 3. Hhoowahhhhhh laper, pusing, capek, panas…. secara menunggu di tenda luar gedung trans. Ehhhhhh begitu wawancara gak sampe 20 menit….

yaahh mudah2an dengan waktu yg minim menghasilkan hasil yang maksi. Tinggal menunggu ajah hasil tanggal 1…. mudah2an namaku bisa tercantum dalam deretan nama2 tsb.

Setelah wawancara sumpah aku pusing abis, penat, capek, dan pastinya LAPERRRRRR beratttt ueyyy. Aku cari temenku yang berangkat bareng sama aku, MONA. Awalnya dia nunggu di coffe bean, secara dia udah duluan selesai wawancara dibanding aku. Tapi aku cari di coffe bean kok gak ada…. so… menunggulah aku di bundaran air mancur depan gedung trans. Lumayan mata jadi bening lagi liat artis2 lewat heheheh…

Mona pun datang jemput bareng DAVIS, cowoknya. Kita capcus dari trans dan mengisi perut. Bingung maw kemana, mona ngajakin aku ke GRAND INDONESIA daerah bundaran HI. Yaa…. terserah de yang penting isi perut.

ternyataaa…. emang ga salah mona ngajakin ke GRAND NDONESIA, tempatnya kerennnn… interiorna bagus banget buat poto2… (tetep narsis MODE ON)

Baca selengkapnya…