Mungkin masih terasa gegap gempita pelantikan presiden terpilih Amerika Serikat Barack Obama… Sudah disebut sebut bahwa salah satu kunci kemenangan Obama karena dia menguasai dan memanfaatkan betul kekuatan dan ampuhnya internet. Obama memiliki situs miliknya sendiri dan menjadi anggota situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, YouTube, Flickr, Digg, Twitter, Linkedin, Eventful, BlackPlanet, Faithbase, Eons, Glee, MiGente, MyBatanga, DNC Partybuilder, dan AsianAve.

Obama tidak bisa lepas dari 2 hal selama masa kampanye berlangsung, yaitu David Axelrod , si pengatur taktik kampanyenya, dan BlackBerry. Lewat BlackBerry-lah dia memantau hasil kampanye hingga pemilihan pada 4 November 2008. Lewat BlackBerry juga, dia mengikuti perkembangan AS dan dunia. Masih lewat BlackBerry, dia bertegur sapa secara hangat dengan kalangan terdekatnya. Menurut Axelrod, BlackBerry Obama nyaris tak pernah berhenti berdering. Jika ingin mengirim dokumen atau memo, staf dan orang-orang dekat mantan senator Illinois itu tak perlu repot-repot mencetak dan mengirimkan ke hotel atau kediaman Obama. Cukup dikirim via BlackBerry.

Tapi, Presidential Records Act membuat Obama harus rela berpisah dengan gadget kesayangan tersebut. Itulah aturan yang mengharuskan semua presiden AS berkorespondensi lewat jalur resmi.

Namun, Obama tetap tak bisa melepaskan kecintaan terhadap pernik teknologi informasi. Saat ini, tengah dibahas rencana untuk membuka akses e-mail langsung antara Obama dengan dunia di luar Gedung Putih. Hingga sekarang, Obama belum mengubah alamat e-mail-nya. Politikus yang pernah tinggal di Jakarta tersebut sudah meminta agar disediai laptop di meja kerjanya di ruang oval Gedung Putih. Dia akan menjadi presiden AS pertama yang berlaptop di meja kerja. Lekatnya citra teknologi informasi pada Obama itu bisa disimak pada prosesi pelantikannya. Jumlah mereka yang menonton via televisi diperkirakan sama banyaknya dengan yang memantau lewat Facebook. Berbagai kanal televisi raksasa pun menyediakan layanan video streaming secara live di situs masing-masing. Pengunjung cnn.com/live, misalnya, bisa sekaligus login ke Facebook sembari menikmati video dan mengikuti update terkini.

Kalau tak sempat buka laptop atau komputer, prosesi inaugurasi presiden kulit hitam pertama itu dapat dinikmati lewat fasilitas iPhone. “Lewat fasilitas itu, pengakses tak hanya bisa menikmati video prosesi pelantikan, tapi sekaligus bisa chatting dengan pengakses lain,” tulis situs teknologi informasi TechCrunch seperti dikutip harian Inggris Daily Telegraph.

So qt ga akan susah2 lagi kalau mau korespondensi ama presiden yang satu ini… btw… ada yg tau emailna presiden Obama ga??? heheheheh

Jadi, tak salah rasanya kalau mengucapkan kepada Obama: Selamat datang, Presiden Teknologi!

sumber: jawapos dan blog kompasiana