rabbit-or-duckcoba perhatikan gambar kelinci disamping???? sekarang coba tutup gambar itu dan panggil kembali dalam imajinasimu. sekarang coba tebak selain kelinci bisa dimaknai dengan hewan lain apa???

tenang ajah, kalo kamu ga bisa menemukannya tenang ajah. Sebagian besar orang juga tidak bisa melakukannya kok.

kenapa bisa gitu c????

Begini… kita sesungguhnya ga pernah menyimpan sebuah gambar apa adanya dalam pikiran kita. Yang kita simpan sebenernya adalah persepsi kita tentang gambar itu. Oleh karena itu, gambar itu ga dapat kita copy paste dalam pikiran kita, lalu dimaknai secara berbeda.

ada penelitian lain menyebutkan bahwa fungsi imajinasi juga tidak selalu sejalan dengan fungsi persepsi. Penderita visual agnosia (tidak dapat mempersepsi benda2) tetap dapat melakukan imajinasi. jadi ketika mereka diminta untuk menggambar apel, mereka bisa melakukannya. Namun ketika sebuah apel dibawa kehadapan mereka, mereka tidak mengenalinya. Hal ini membuktikan bahwa fungsi persepsi dan imajinasi dilakukan oleh bagian otak yang berbada.

jadi imajinasi kita tidak selalu sejalan dengan persepsi kita dan persepsi kita tidak selalu sama dengan benda nyatanya. Subhanallah…. sungguh unik bukan????