beberapa hari kemaren aq sempet membahas tentang pengalamanq ikut seminar hipnosis…

welll… aq mo share lebih banyak lagi abot hypnosis karena materi hipnosis ni dl ternyata juga merupakan salah 1 bagian dari materi kuliah q dulu waktu masi jadi mahasiswa di fak psikologi ubaya…

lumayan menarik juga, kuliah sambil didatengkan pakar hipnosis dan langsung berinteraksi melakukan hipnosis di kelas. Serasa ikutan acaranya romy rafael. apalagi waktu itu sang hipnotis juga ampir2 mirip ama romy rafael dan lebih cakep lagi… hohohohohoho

jadi semangat deh kuliahnya… sayang bab hipnosis cm 1 kali pertemuan ajah, padahal kalo beberapa kali pertemuan juga q bakalan masuk kelas terus tuh… hwahahahahah….

Sebenernya, setiap hari kita mengalami kondisi hipnosis. Misalnya saat qt menonton film dan didalamnya terdapat adegan yang seru, kita menjadi tegang, napas semakin cepatdan jantung berdetak semakin kencang. Kenapa sih ko bisa sampe jadi kayak gitu?????

Pikiran sadar qt tahu bahwa yang kita tonton tersebut bukan merupakan kejadian sebenrya, tetapi pikiran bawah sadar qt menerima apa yang kita lihat dan yang kita alami sebagai sesuatu yg nyata. Apa dengan demikian qt dikendalikan oleh film yang qt tonton??? tentu saka tidak!!!!! Film yang qt tonton ga mengendalikan qt, tetapi mengarahkan qt dengan alur ceritanya. Inilah yang sebenerya dimaksud dengan keadaan hipnosis ato trance

Apakah semua orang bisa masuk dalam kondisi hipnosis??? jawabannya YA, terlebih jika yang bersangkutan menghendaki. tetapi beberapa orng lebih mudah masuk kondisi hipnosis dan beberapa orang laen lebih sulit. Menurut Stanford Hypnotic Susceptibility Scale : 5 % org yang tergolong sulit dihipnosis, 85 % orang tergolong moderat, 10 % orang mudah dihipnosis, ato sering juga disebut sugestif.

APLIKASI HIPNOSIS

ada beberapa aplikasi hipnosis :

Stage hypnosis

yaitu hipnosis yang digunakan untuk pertunjukan hiburan. Jenis ini pasti pernah dilihat di TV atau dimall. Ini bentuk aplikasi hipnosis yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Kunci utamanya adalah memilih subjek yang memiliki tingkat sugestibilitas tinggi dengan cepat dan elegan.

Clinical hypnosis ato Hypnotherapy

yaitu aplikasi hipnosis dalam menyembuhkan masalah mental dan fisik (psikosomatis). Misalnya depresi, kecemasan, fobia, perilaku merokok dan makan berlebih atau perilaku lainnya. Tidak sembarangan orang boleh melakukan terapi ini karena hipnoterapi melibatkan diagnosis gangguan yang cermat, plus design sugesti sebagai senjata terapinya

Anodyne awarness

taitu aplikasi hipnosis untuk mengurangi rasa sakit. tenaga medis menggunakan anodyne awareness untuk membantu pasien menjadi rileks sangat cepat dan mengurangi rasa sakit , terutama untuk pasien yang karena suatu hal sulit menerima obat bius. Bahkan ada dokter yang melakukan operasi bedah, penanganan patah tulang tanpa obat bius… hiiiii ngeri banget kalo pas tiba2 sadar yah….

Forensic Hypnosis

yaitu penggunaan hipnosis sebagai alat bantu dalam melakukan investigasi atau penggalian informasi dari memori. Dengan menggunakan hipnosis, qt akan masuk dalam kondisi trance yang berakibat pada kemampuan mengingat yang sangat tinggi yang dinamakan hypermensia. jadi teekadang ini sangat bermanfaat saat melakukan penggalian info pada korban perkosaan atao kekerasan yang tidak mau mengingat2 kembali kejadian tersebut…..

kemudian gimana c ciri2 orang yang sudah megalami kondisi hipnosis  jadi biar qt tau orang itu bener2 telah terhipnotis ato cm boong2an ajah…

1. REM (rapid eye movement), mata bergerak – gerak saat dalam kondisi tertutup yang biasanya hanya dapat dilakukan saat qt sedang dalam kondisi gelombang theta 4-8 hz

2. mata berair

3. mata memerah saat keluar dari kondisi hipnosis

4. haus, sering menelan ludah

5. suhu tubuh menjadi lebih hangat

6. bola mata bergulir ke atas

7. saat somnambulism bola mata bergerak kekiri dan kekanan