udah buanyaaakkkk banget acara reality show yang ada di indonesia. Mulai dari katakan cinta sampai yang paling booming (emg iyah yah???) sekarang, termehek-mehek. mulai dari yang bener2 pyuurrrr reality sampe yg akting tiap pemain pada kaku n norak abis keliatan kalo kurang latian tu baca skriptnya….

nahhh…. dari sekian banyak reality show, sekarang aku maw bahas termehek-mehek. Sebuah reality show yg tayang di trans tv setiap sabtu dan minggu pukul 18.30 yang membahas tentang sebuah pencarian seseorang buat terhadap kerabat, pacar, tunangan, suami, istri, ibu, ayah, nenek, kakek dll yg ilang… ntah raib diculik, ntah itu raib karena selingkuh, karena sakit parah, karena meninggal dsb. Memang ceritanya sangat mengharukan di tiap episode. Awalnya aku ga rutin liat tu acara dan sekedar lewat aja sekilas2 liatnya, tapi pas nonton episode yang ini ( ntar dibawah ni aku ceritain lebih lengkapnya) langsung hatiku terrenyuh dan terharu banget ampir nangis bombay

begini ceritanya :

Menceritakan seorang adik,mira, yang trenyuh liat kakaknya,kirani, yg sdh 6 bln koma. ada kelainan otak ktnya… mgk krn memikirkan beban yang terlalu berat untuk dirinya. mira karena sayang bgt sm kakaknya dan ingin melihat kirani sembuh, mira cari tau apa penyebabnya krn sebelum benar2 koma, kirani srg mengingau menyebut nama seseorang, zul. kebetulan mira menemukan diary kirani dan membacanya, ternyata zul adalah teman yang pernah nembak dia, dan menanti jawabannya di sebuah halteu. tp sblm itu terwujud, kirani terlanjur tau bahwa sahabatnya, mega ternyata juga menyukai zul.. maka demi persahatan yg tak ingin terputus kirani tak memenuhi permintaan zul.
disitulah awal mula keterpendaman kirani, dan ahirnya dia sampai koma. Nah singkatnya mira adiknya krn ingin kakaknya sembuh, dia menemui team acara reality show termehek mehek tersebut, maka dimulailah pencarian dengan dibantu mega (sahabatnya kirani) yang ahirnya menyesalkan juga mengapa kirani menahan perasaannya sendiri karena mega menyukai zul… pdhl kalau saja bilang, pasti kejadiannya ga spt ini, koma 6 bln. megapun lgs menangis ketika diberi tahu kirani koma.

ahirnya mega dan team mencari keberadaan zul, yg jg sdh lama tak bertemu dengan mega. dengan jalan yg relatif singkat mrk menuju tempat kerja zul, disebuah kampung yang berliku di pelosok bogor, krn menurut info, zul menjadi guru sukarela disana. ahirnya ketemulah zul dan diceritakan keadaan kirani… zul lgs lemas terduduk…

ketika team Tmhkmhk mengajak zul menemui kirani, dia menolak karena ternyata dia sdh mempunyai tunangan… tapi team ga nyerah gt aja, dan meminta zul untuk minta izin tunangannya tsb dan menceritakan yg sebenarnya…

ahirnya tunangan zul menemui zul dan team jg di sekolah tempat zul mengajar, dan dia sangat mengerti keadaan kirani, lalu mengizinkan zul menemui kirani… salut buat tunangannnya zul

maka zul, mega dan team tm meluncur langsung ke rumah sakit tempat kirani dirawat… disana ada mira, ayah dan ibunya kirani yg sedang duduk menunggui putrinya dan membisikkan kata-kata di telinganya dalam keterdiaman kirani.. zul-pun masuk ke kamar rani dan memperkenalkan diri pada ibunya… lalu zul ditinggalkan sendiri oleh ibunya (beserta kameraman yg terus meliput tentunya)… zul berbisik de telinga kirani, dan menggenggam tangan kirani…. Ya allah, disitu air matakupun ikut meleleh menyaksikannya… terlebih ketika tangan kirani di genggaman zul terjatuh terkulai dan teriakan zul menyebut nama kirani… “bangun rani…. bangun…”
ahirnya semua org berhamburan ke ruang perawatan kirani, dan melihat kirani menghembuskan nafas terahirnya di hari kedatangan zul…
semuanya menangis… panda sang pembawa acarapun tak kuasa menangis meliput kejadian itu…
mega berkata… kirani, kenapa elo jaga perasaan gue, padahal perasaan elo tersakiti
zul bergumam… kirani andai kamu dulu berterus terang… tentu kejadiannya tak akan seperti ini

terlepas dr ini adalah takdir… memang jiwa sehalus kirani tak akan sampai hati melukai perasaan siapapun…

aq turut memintakan pengampunan allah swt untukmu kirani, walaupun aq tak mengenal siapa engkau, tp aq berdo’a tulus untukmu… semoga allah menerimamu ditempat terbaiknya…. amin

tapi setellah hatiku kembali normal dan netral kembali, aku kembali inget kayak pernah tahu cerita kayak beginian yahhh…

ada yang inget film yg di binyangi ama BCL ga???

pokoknya disitu diceritain kalo si BCL meranin cewek yg sakit (kanker kalo ga salah) dan dia ga sempet menyatakan perasaannya ke Sunny. TRus akhir cerita BCL sakit dan Sunny jenguk dia. Pas Sunny jenguk setelah bertaun2 ga ketemu (dan kali ni si Sunny dah punya istri) akhirnya BCL menghembuskan nafas terakhirnya saat Sunny memegang tangan BCL….

weelllll sungguh sangat dramatis sekali bukan…. dan sekali lagi sangat sama dengan cerita di termehek2

aku ga taw ni cerita atau cuman lomba mengarang indah ajah, tapi sungguh disayangkan sekali kalo cerita dan acara yg awalnya udah buat aku terharu dan ampir nangis bombay ternyata cm rekayasa show ajah.

Yang menarik adalah sebuah komentar di posting blog tersebut, dari seorang user ber-ID ‘Andriza’ yang mengklaim SELURUH CERITA YANG DITAMPILKAN DALAM SERIAL TM HANYALAH FIKSI! Bahkan bukan fiksi baru, melainkan sekedar ngejiplak dari cerpen-cerpen majalah remaja. Berikut komentar dari ‘Andriza’ di blog tersebut:

Hampir semua (bahkan semua) cerita dari termehek-mehek merupakan cerpen top kasmaran saat dulu.
Saya 100% yakin kalau acara ini bukan 100% pure rality show…
Kalau ada kemiripan cerita memang wajar..
Tetapi bagaimana bila kemiripan itu terletak dari awal hingga akhir DAN di setiap episode…
Bahkan sering kali bila saya melihat sekilas tayangan tersebut, saya bisa menebak awal cerita bahkan akhir cerita..
Saya dahulu bagian dari penulis cerpen di majalah2 remaja Jakarta…

Saya ingin sekali ada yang merespon ttg pendapat saya..
Bisa di kirimkan ke email : andriza@gmail.com

Tujuan saya tidak lain untuk mempertegas tayangan2 yang membohongi publik.

Hal yang sama pernah terbukti ketika saya melihat sering kali adegan “berantem” dalam acara SCTV yang pilih2 jodoh (saya tidak tau pasti judul acara itu)…

Terima kasih.

Andriza’ juga meninggalkan komentar yang sama di situs ‘wikimu’ dan di sana dia dapet tanggapan dari user lain bernama ‘Anwariansyah’. Begini tanggapannya:

Anda bisa bikin artikel di Wikimu dengan menyebutkan nama program reality show, stasiun yang menayangkannya, episode dan tanggal tayangnya dan mirip dengan cerpen dgn judul apa, tampil di majalah apa dan tanggal berapa, serta pengarangnya siapa.

Bila Anda bisa mengungkapkan dengan akurat data tersebut berarti Anda sudah menunjukkan kebenaran.

Aku pernah denger dari salah satu temen kalo tiap pemain dari acara tersebut di kasi duit 5 jeti buat per episodenya ( ga taw tu bener apa salah), terlepas dari itu bener ato boong mgk tu salah 1 trik dari dunia pertelevisian untuk menaikkan rating (karena rating adalah segalanya) daripada buat acara dengan pemain bintang terkenal yang dibayar puluhan juta perepisode, mending juga buat bayar pemain “gadungan” tapi rating tetep tinggi.

yahhh…. sekarang terserah penonton aja…maw dibuat sebagai hiburan ato maw dicaci maki juga up to you… kalo ada yg mo gugat juga karena privacyna telah dicemarkan diacara tersebut juga monggo….