aq sempet ketinggalan gosip nie… gara2 kalo pagi ga sempet liat infotainment,,,,

tiba2 ada yg ngabari q kalo ada gosip heboh masalah lagu gaby…

GABY???

sapa tuhhhhh yaaa… awalnya aq bertanya2, sapa c dy ko tiba2 dibicarain ama org seindonesia…. ga di sby, jakarta, Bali, madiun…. dimana2 bicarain dy n banyak yg ngaku2 pencipta lagunya gaby-tinggal kenangan/ jauh-

ada banyak versi yang beredar tentang cerita gaby…

ni beberapa yg aq ambil dari internet :

Jauh kau pergi meninggalkan diriku
Di sini aku merindukan dirimu
Kini ku coba mencari penggantimu
Namun tak lagi kan seperti dirimu oh kekasih/

Setelah mengakhiri lagu itu, pengamen kriwil itu menyodor-nyodorkan
kantong bekas permennya pada penumpang Metro Mini P72 jurusan
Lebakbulus-Blok M. Saat itu, Kamis 4 Juni 2008 pukul 18.20 WIB.

“Itu lagunya siapa?” tanya seorang penumpang sambil mengangsurkan
selembar seceng.
“Lagunya Geby,” jawab si pengamen.
“Sudah ada kasetnya?”
“Belum…ada kok di internet. Cari saja Geby, Tinggal Kenangan.”
“Oh, terkenalnya lewat internet ya?”
“Iya. Geby orangnya sudah meninggal, bunuh diri. Sebelum bunuh diri
dia ngerekam lewat hape. Terus habis (meninggal), ada yang ngiringi
pake gitar. Ada kok di internet, foto pacarnya juga ada. Pacarnya
sudah meninggal, kecelakaan.”
“Jadi Geby patah hati karena pacarnya meninggal?”
“Mungkin iya, makanya lagunya mellow banget.”
“Sekarang lagu itu jadi terkenal ya.”
“Iya. Coba kalau dia masih hidup….”

Jika Anda pelanggan angkutan umum, lagu ini tentu familiar di kuping
Anda. Sebab Tinggal Kenangan menduduki /top chart/ lagu yang paling
sering dinyanyikan pengamen dalam beberapa bulan terakhir ini.

Gara-gara pengamen pula, kini banyak orang yang akhirnya mengenal
nyanyian sendu ini. Maklum, dari 10 pengamen yang mungkin menyanyi
di bus Anda, bisa jadi 7 di antaranya akan menyanyikan ‘lagu wajib’
ini. Jadi, siapa sih yang akhirnya nggak penasaran?

Lagu ini mulai dikenal anak muda Bali – Jawa Timur sejak tahun akhir
tahun lalu dan kian menjadi-jadi setelah beredar ke kota-kota lain,
dan belakangan populer di Jakarta. Lagu ini menjadi sangat beken
karena misteri yang melingkunginya: lagu ini direkam sebelum Geby
tewas bunuh diri.

Lirik lagu dan kisah tragis Geby banyak diulas di internet. Selain
aneka forum, juga aneka blog. Misalnya saja di detikForum
<http://forum.detik.com/showthread.php?t=33707&gt; yang dibahas pada
April 2008 lalu.

Lagunya bisa didownload dengan gratis pula di internet. Banyak anak
muda yang menyimpan lagu itu di ponsel mereka lewat fasilitas
sharing file. Tanpa perlu kaset di pasaran, lagu ini sering
terdengar di mana anak muda mangkal, komplet dengan ceritanya yang
simpang siur.

Simpang siur? Ya. Lagu ini menyimpan lebih dari selusin versi
cerita. Ada yang menyatakan Geby tewas karena gantung diri, ada yang
bilang karena overdosis. Ada yang bilang Geby gadis Madiun, ada yang
bilang gadis Bali. Namun ada satu kesamaan dari semua kisah itu:
Geby bunuh diri karena frustasi ditinggal sang kekasih yang tewas
lebih dulu karena kecelakaan kendaraan bermotor.

Tak cuma versi cerita. Nama ‘tokoh utama’-nya pun macam-macam. Ada
yang menulis sebagai Geby, ada yang menulis Ega dan ada yang menulis
Angel. Ada yang menyebut lagu itu awalnya berjudul ‘Jauh’, ada yang
bilang ‘Kenangan Indah’, dan terakhir ‘Tinggal Kenangan’. Ada yang
bilang dia masih siswa SMU, ada yang bilang dia anak kuliahan.
Bahkan ada yang bilang gadis ini masih hidup!

Dan seperti biasa, semakin banyak misteri, semakin top-lah lagu ini.
Lagu yang mellow, kisah lakon yang tragis dan misteri yang simpang
siur, adalah ramuan mujarab yang membuat Geby dan Tinggal Kenangan
menjadi /top hit/ dadakan…
* ( nrl / aba ) *

ada juga postingan lainnya :

Bukan perkara sulit mencari Geby di internet. Cukup googling, ribuan
content tentang Geby dan lagu Tinggal Kenangan akan keluar
beramai-ramai. Jangan khawatir kalau Anda dilanda kebingungan
setelah membacanya. Apa pasal? Habis, kisahnya macam-macam. Si A
bilang Z, si B bilang X, dsb. Tidak ada versi yang seragam.

Hingga kini, siapa Geby, siapa pacarnya dan siapa pencipta lagu
Tinggal Kenangan, masih belum jelas. Namun misteri itu justru
menjadi daya tarik tersendiri lagu yang belakangan ini beken di
Jakarta tersebut.

Tiap kota memiliki versi tersendiri tentang Geby. Ada yang bilang
Geby orang Jakarta Selatan. Ada yang bilang orang Bali. Ada yang
bilang orang Madiun. Ada yang bilang orang Yogya. Tampaknya, kisah
ini berkembang liar sehingga sah-sah sajalah memberi versi sendiri.

Sekarang marilah kita telusuri Geby versi Bali. Kontroversi lagu
Tinggal Kenangan yang lebih dikenal ‘Lagu STMIK’ terjadi sejak
pertengahan 2007.

Dari penelurusan *detikcom* di penyiar radio, kalangan ABG dan anak
band di Denpasar, lagu STMIK ini memiliki beberapa kisah berbeda
tetapi memiliki benang merah yang sama. Persamaannya adalah Geby dan
kekasihnya adalah sepasang kekasih yang berasal dari Bali. Namun
identitas sepasang kekasih ini tak jelas.

Penyiar radio CDBS Ferdy menuturkan meskipun kerap memutar lagu ini,
ia tidak mengetahui siapa penciptanya. “Sampai sekarang kita tidak
tahu penciptanya. Yang kita tahu bahwa lagu ini diciptakan oleh
perempuan yang mati bunuh diri,” kata Ferdy.

Agung, seorang mahasiswi STMIK Bandung yang beralamat di Jalan Tukad
Unda, Denpasar, menuturkan bahwa lagu STMIK telah ngetop di kalangan
ABG dan anak band pada akhir 2007. “Saya tahu lagu ini sejak duduk
di semester 5, akhir 2007,” kata Agung.

Karena lagu ini dikenal dengan nama ‘lagu STMIK’, Agung yang kuliah
sambil bekerja di STMIK, sering diminta oleh teman-temannya untuk
memberikan rekaman ‘Lagu STMIK’.

Agung yang juga mahasiswi SMTIK Bandung, Denpasar, menuturkan bahwa
lagu STMIK di Bali memiliki beberapa versi. “Kadang saya juga
bingung mau menceritakan versi yang mana kepada teman-teman,” ujar
Agung.

Menurut salah satu versi yang diketahuinya, kekasih Geby yang
menciptakan lagu berjudul ‘Lagu SMTIK’ dengan syairnya yang sangat
menyentuh ini.

Diceritakan, pacar Geby meninggal karena kecelakaan. Kecelakaan ini
terjadi di suatu tempat di Bali hingga menyebabkan kekasih Geby
meninggal dunia. Beberapa hari kemudian, Geby kerasukan arwah
pacarnya. Saat kerasukan arwah pacarnya itulah tiba-tiba Geby bisa
bermain gitar dan menyanyikan lagu itu. Setelah menyanyikan lagu
itu, Geby bunuh diri. “Padahal sebelumnya Geby tidak bisa bermain
gitar dan menyanyi,” kata Agung.

Sedangkan versi lainnya adalah, Geby dan kekasihnya adalah anak band
yang semua personelnya remaja Bali. Sepasang kekasih ini memiliki
band berbeda. Kekasih Geby meninggal dunia karena kecelakaan sepeda
motor. Geby sedih ditinggal pacarnya meninggal dunia. Geby pun
menyanyikan dan merekam lagu tersebut. “Di versi ini, disebutkan
Geby masih hidup. Geby adalah seorang siswi di sebuah SMU di
Kabupaten Tabanan,” ujar Agung.

Versi berbeda lainnya disampaikan oleh penyiar Radio CDBS Ferdy. Ia
menyebutkan ‘Lagu STMIK’ diciptakan oleh Geby. Ceritanya, kekasih
Geby meninggal dunia akibat kecelakaan. Karena sedih ditinggal
kekasihnya, Geby yang tidak memiliki bakat musik ini mencoba membuat
lagu untuk kekasihnya. “Dia bela-belain membuat lagu ini. Setelah
menciptakan lagu ini dan menyanyikannya, Geby bunuh diri,” kata Ferdy.

Versi lainnya menyebutkan bahwa kekasih Geby bunuh diri karena
frustasi setelah mengetahui Geby selingkuh. Sedih ditinggal
selamanya oleh sang kekasih, Geby bunuh diri setelah menyanyikan
lagu ciptaan kekasihnya tersebut. “Tapi sampai sekarang tidak ada
kabar jelas mengenai lagu ini,” ujar Ferdy.